Dasar-dasar Strategi Pemasaran Online

Pemasaran online telah berubah secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Ketika Google merilis pencarian pembaruan algoritme Panda dan Penguin mereka, banyak pemilik situs web yang dikirim berebut karena mereka melihat slip peringkat situs mereka.

Namun tidak semua pemasar online menemukan pembaruan Google. Mereka yang membangun dasar yang kuat dalam praktik pemasaran online secara baik dan benar tidak terpengaruh seperti pemasar yang berhemat dan mencoba untuk mengotak-atik sistem. Situs-situs ini menemukan peringkat mereka merosot, dan sepatutnya begitu.

Sayangnya, ada juga pemilik situs web yang terjebak di tengah. Perusahaan dan individu tanpa tim pemasaran yang berdedikasi untuk menguji dan menyesuaikan strategi mereka juga melihat peringkat mereka tenggelam. Sebagian besar situs web dalam kategori ini dijalankan oleh pemilik bisnis yang berfokus pada operasi sehari-hari.

Pemasaran hanyalah sebagian kecil dari operasi harian, yang berarti mereka tidak punya waktu untuk memahami praktik dan pengujian yang masuk ke pemasaran online. Sebaliknya, pemilik bisnis ini mengambil teknik di sana-sini, tetapi sering tidak menyadari bagaimana dan kapan menggunakan praktik yang berbeda.

Jika ini terdengar seperti Anda, ikhtisar ini akan membantu Anda memahami praktik pemasaran online dasar dan cara menggunakannya.

 

Memahami Dasar-dasar Membangun Strategi Pemasaran Online

Membangun strategi pemasaran online yang sukses sama seperti membangun apa pun – dimulai dengan landasan yang kuat. Landasan itu berasal dari pemahaman tiga dasar pemasaran daring:

                    Optimisasi Mesin Pencari

Pemasaran Konten

Pemasaran media sosial

Namun, mengetahui apa yang masing-masing aspek tidak cukup. Seperti yang banyak orang temukan setelah pembaruan Google baru-baru ini, menerapkan teknik pemasaran yang mapan dengan cara yang salah dapat merusak peringkat Anda.

Untuk memaksimalkan manfaatnya, Anda juga perlu memahami kekurangan mereka.

Optimisasi Mesin Pencari

Ketika orang berpikir tentang pemasaran online dan mesin pencari, SEO biasanya adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran. SEO digunakan untuk membuat situs yang mesin pencari akan peringkat sebagai salah satu halaman yang paling relevan untuk istilah yang diberikan. Faktanya adalah, 95 persen pencari mengklik pada halaman yang muncul pada hasil halaman pertama untuk Google, Yahoo! atau Bing. Anda dapat melihat bahwa peringkat pencarian adalah masalah besar!

Membangun strategi SEO yang solid terutama terdiri dari memilih kata kunci yang relevan dan menyediakan konten yang berharga terkait dengan kata kunci tersebut. Di masa lalu, SEO didorong oleh faktor-faktor seperti penempatan kata kunci, kepadatan kata kunci, dan bahkan berapa kali kata kunci digunakan untuk menautkan ke halaman tersebut.

Tetapi mesin pencari cepat menemukan bahwa kata kunci dapat dengan mudah dimanipulasi. Halaman yang tidak ada hubungannya dengan kata kunci dapat digolongkan dalam tiga besar, hanya dengan mengoptimalkan halaman. Hari ini, ini berarti bahwa situs yang hanya mengandalkan kata kunci sering diabaikan oleh mesin pencari.

Sebaliknya, SEO harus mencakup:

  • Kata Kunci yang Relevan
  • Konten Berharga yang Dibagikan
  • Situs Web yang Muat dengan Cepat
  • Kedua Gambar & Konten
  • Tautan balik dari Situs Web yang Dihormati

 

Pemasaran Konten

Pemasaran konten bukanlah konsep baru. Bahkan, John Deere memulai tren pada tahun 1895 ketika mereka merilis The Furrow, sebuah majalah pertanian. Perusahaan lain seperti Jell-O dan Michelin mengikuti dengan buku resep dan kiat otomotif. Pemasaran konten penting karena membantu membangun merek Anda dan menginspirasi kepercayaan di perusahaan Anda. Bahkan, enam dari sepuluh konsumen mengatakan bahwa setelah membaca publikasi khusus, mereka merasa lebih baik tentang perusahaan.

Pemasaran konten online telah memperluas bidang untuk memasukkan blog, video pelatihan, podcast, dan bahkan video game. Tetapi seperti setiap strategi online lainnya, pemasaran konten memiliki kelemahannya. Konten berkualitas rendah adalah kesalahan paling umum dan dapat memengaruhi peringkat Anda dan merusak merek Anda. Misalnya, konten yang penuh dengan kesalahan tata bahasa dan ejaan membuat Anda terlihat ceroboh dan tidak profesional. Memberikan pernyataan tanpa memverifikasi fakta dapat membuat Anda terlihat bodoh. Ingat bahwa konten yang Anda tempatkan di situs Anda mungkin merupakan kesan pertama yang diperoleh calon klien dari perusahaan Anda.

Kesalahan lain yang banyak dilakukan oleh bisnis adalah menarik diri dari pemasaran konten bersama-sama. Ini kemungkinan hasil dari tren terhadap blog tamu sebelum pembaruan Google baru-baru ini. Pemasar agresif menciptakan posting blog tamu, dan kemudian mengirimkannya kepada siapa saja yang akan mempublikasikannya sebagai imbalan untuk backlink ke situs mereka. Backlink ini dianggap perkawinan yang sempurna dari pemasaran konten dan SEO yang baik.

Google, bagaimanapun, berpikir berbeda. Mereka melihat konten berkualitas buruk tanpa nilai yang digunakan tidak lebih dari tautan balik. Jadi Google mengambil tindakan terhadap pemasar agresif ini, dan pemasar online menjadi khawatir. Banyak yang menurunkan blogging tamu dan pemasaran konten sepenuhnya, khawatir bahwa jajaran mereka akan jatuh.
Tetapi Google tidak pernah mengatakan blog tamu akan menghasilkan peringkat yang buruk. Mereka mengatakan bahwa para pemasar harus menyediakan konten yang berharga dan menyimpannya di situs-situs terkemuka. Yang seharusnya menjadi rencana bagi sebagian besar pemasar untuk bersama.

Pemasaran media sosial

Bagi sebagian orang, media sosial tidak lebih dari cara untuk tetap berhubungan dengan teman-teman lama. Tetapi untuk bisnis, media sosial adalah cara untuk mengikat pemasaran konten dan SEO bersama. Mesin pencari mempertimbangkan jumlah berbagi halaman yang diterima ketika itu peringkat bagian tertentu dari konten.

Media sosial juga dengan cepat menjadi cara utama konten dibagikan. Situs seperti Twitter, Google+, Stumble Upon, dan Facebook semuanya memungkinkan konsumen untuk berbagi konten yang berharga dengan orang lain di jaringan mereka. Penelitian menunjukkan bahwa orang lebih cenderung mempercayai konten yang dibagikan dari orang yang mereka kenal, jadi bagiannya mirip dengan peringkat bintang 4!

Kesalahan umum dalam pemasaran media sosial adalah berpikir bahwa banyak sekali pengikut yang Anda butuhkan. Faktanya, banyak bisnis telah menumbuhkan penawaran untuk menjual 100 atau 1000 teman ‘nyata’ atau penggemar. Perlu diingat bahwa teman dan penggemar tidak cukup – Anda perlu membangun keterlibatan. Teman yang dibeli seringkali bukan demografis target Anda atau akun palsu. Tidak akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Untuk memanfaatkan strategi pemasaran media sosial, Anda perlu berinteraksi dengan penggemar Anda dan membuat komunitas yang benar. Tunjukkan bahwa Anda dapat diakses dengan memungkinkan orang mengajukan pertanyaan, menyuarakan kekhawatiran, dan bahkan mengeluh. Kemudian sampaikan masalah ini secara profesional. Berikan mereka konten yang menarik, bukan hanya promosi. Ingat, media sosial adalah yang pertama dari semua sosial!

Kesimpulan
Ketiga komponen ini hanyalah fondasi untuk membangun strategi pemasaran online yang sukses. Tetapi tanpa pemahaman tentang bagaimana ketiga bidang ini meletakkan dasar bagi strategi Anda secara keseluruhan, Anda dapat menemukan usaha Anda sia-sia. Dengan membangun fondasi pemasaran online yang solid, Anda dapat mulai membangun strategi sukses yang berhasil untuk bisnis Anda.

AMAN

Keuntungan dengan Website Pendidikan Anda di Reichos, Data Anda Aman.

PENYELESAIAN SESUAI WAKTU

Keuntungan Lainnya, Dengan Pengalaman, Kami Mengerjakan dengan Pola yang teratur, sehingga website anda akan selesai sesuai dengan Waktu yang diharapkan

24/7 SUPPORT

Yang anda permasalahkan adalah bagaimana selepas Website Anda Selesai? Tenang, Kami siap melayani anda 24 jam dalam 7 hari penuh